Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

Kadang, kamu Pasti merasakan perut lapar dan ingin mengunyah sesuatu sebelum kita bobo pulas di malam hari. Situasi ini tentu saja tidak masalah asal kamu mengkonsumsi buah-buahan yang sehat bukan akan membuat kamu obesitas karena kelebihan berat badan.


Nah, sayangnya pada umumnya orang lebih menyukai memakan makanan-makanan berat yang sebetulnya tidak bagus untuk kesehatan  kamu. Jika kamu belum mengetahui apa saja makanan yang berakibat buruk buat kamu apabila disantap sebelum tidur, ini dia beberapa daftar makanan yang sebaiknya kamu hindari sebelum kamu tidur.

Tentunya, ini tidak kamu inginkan bukan? Berikut adalah 9 daftar yang harus dihindari sebelum tidur, seperti dibawah ini :

1. Es Krim

Kita tahu es krim penuh dengan lemak, jadi jika kamu bersikeras memakannya, kamu takkan bisa tidur nyenyak karena tubuh sibuk membakar lemak itu dan gulanya akan memompa energi kamu justru tepat sebelum kamu pergi tidur. Gulanya pun akan menumpuk dan berubah menjadi lemak.

2.  Alkohol bukanlah pilihan yang tepat

Kamu yang memiliki pemikiran bahwa alkohol bisa membantu tidur lebih nyenyak? Ini adalah saatnya menyadari bahwa alkohol justru bisa memotong pendek tidur kamu karena membuat metabolisme cepat berkerja, hingga bisa membuat kamu terjaga sepanjang malam. Karena itu, hindari minum minuman beralkohol, terutama beberapa jam sebelum tidur karena hal itu menyebabkan gangguan tidur. Di mana alkohol berkontraksi terhadap saluran udara dan akhirnya membuat kamu menghirup lebih banyak oksigen. Kondisi ini akan mengganggu tidur kamu dan akhirnya menyebabkan masalah kesehatan.

3. Kopi

Misalnya yang sudah kamu pahami, Kopi mempunyai sifat diuretic yang maka akan menyerap cairan tubuh dan cepat mengeluarkannya.Hal itu akan buat kamu harus bolak balik ke kamar mandi. Selain itu kopi juga akan membuat kamu sukar tidur, jadi sebaiknya kalau kamu tidak berencana buat bergadang, gak usah meminum kopi ketika kamu akan tidur.

4. Cokelat

Cokelat hitam memang sangat baik untuk otak dan memori kamu, namun pada saat bersamaan buruk untuk lingkar pinggang, apalagi kamu menikmatinya di malam hari, saat semua kalori akan disimpan sebagai lemak. Sepotong kecil cokelat memang dessert yang baik, masalahnya orang cenderung akan menghabiskan satu batang cokelat dibanding hanya makan sepotong kecil.

Salah satu alasan jangan makan cokelat sebelum tidur, terutama cokelat hitam, adalah karena kandungan kafeinnya sangat tinggi. Ini akan membuat jantung kamu terus bekerja dan pikiran kamu terjaga. Dengan keadaan seperti ini, mana mungkin kamu bisa rileks.

5. Burger keju

Ini buat kamu yang gemar keluar malam sekadar menikmati burger di gerai junk food, setelah itu pulang dan tidur. Sebaiknya hindari makan burger keju sebelum tidur, karena ini akan menstimulasi produksi asam secara alamiah di perut, dan menyebabkan heartburn.

6. Keripik dan cemilan

Sebenarnya cemilan yang adalah makanan yang diproses sebaiknya kita hindari, tak hanya sebelum berangkat tidur. Makanan yang diproses sangat banyak mengandung MSG (monosodium glutamate) yang diketahui menyebabkan berbagai gangguan tidur. Jadi, kalau nonton acara olah raga sebelum tidur lebih baik pilih cemilan yang lebih sehat.

7. Soda

Kandungan kafein dalam soda bisa menjadi stimulan sehingga akan membuat kamu terjaga dan susah tidur.

8. Makanan gorengan dan berminyak

Makanan ini nampak begitu-lezat. Tapi sayangnya, makanan ini tidak bagus dikonsumsi sebelum tidur. Kandungan lemaknya akan mengendap dan membuat berat di perut saat akan tidur. Jika kamu ingin makan makanan gurih, almond atau biskuit gurih bisa jadi alternatifnya.

9. Sereal

Sereal seringkali mengandung gula rafinasi tinggi dan penuh karbohidrat. Makanan ini akan membuat kadar gula darah kamu melonjak sehingga bukan cara ideal untuk menenangkan tubuh kamu sebelum jam tidur.

Daripada makan sereal yang mengandung gula, carilah sereal yang lebih sehat misalnya sereal dengan gandum utuh dan rendah gula.


Jangan khawatir, Kamu masih dapat makan snack menjelang tidur. Tapi, tentunya kandungan bahannya harus diperhatikan. Jangan terlalu manis, berkafein, dan nilai kalorinya di bawah 200 kalori (sehingga tidak memberatkan perut kamu ketika menjelang tidur).

Sekian dulu dari saya 9 daftar yang harus dihindari makanan dan minuman sebelum tidur, semoga bermanfaat untuk anda yang sering ngemil, makan dan minum dimalam hari.
 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Like Facebook

Minuman Berenergi Terbaik

Minuman Berenergi Terbaik

Cashback Forex